Hallo brader,apa kabar di siang yang terik ini saya akan melanjutkan pembahasan sekaligus lanjutan dari artikel sebelumnya,jadi begini jika sebelumnya saya menceritakan impresi setelah ganti oli,nah sekarang saya akan menceritakan perihal mengenai kampas rem yang baru saya saya ganti bersamaan dengan ganti oli kemarin

Memang sih banyak yang bilang kalau ganti oli diesel/”sesat” untuk yang kali pertama,bakalan ngerasain yang namanya tarikan berat.Kakau itu sih udah tau tapi ini beda lagi selain tarikan berat karena oli,ternyata yang bikin berat juga karena kampas rem depan baru saja. Saya ganti,Lah kok jadi gini kerasa banget deh lemotnya😥😥😥😥,Hadeuh akhirnya saya balik lagi ke bengkel dan minta kejelasan perihal hal tersebut, dan si mekanik bilang” kalau hal tersebut gak masalah karena masih baru” ah massa ??, Tapi ya udahlah percaya aja,akhirnya balik aja ke rumah.Sesampainya dirumah saya langsung Googling tu masalah kampas rem yang bikin Roda seret dan ternyata emang bener,kalau abis diganti biasanya bikin seret piringan ciaram,karena masih baru dan juga masih sangat tebal

Oalah jadi begitu to dan berikut ini adalah tips untuk kampas rem terutama belakang agar semakin Jozz,Tips ini saya dapatkan dari M+ semoga bermanfaat ya!!!

Tips ini EM Plus dapat dari salah satu bengkel di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat.

Ternyata memang benar, kalau dirasa menggunakan feeling rem terasa menjadi lebih menggit.Namun, apa yang bikin air sabun bisa membuat rem lebih mengigit atau pakem?
Penasaran, EM Plus tanyakan hal ini ke Sarwono Edi, Technical Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM).Analisa Pak Edi secara teknik, hal itu memang benar juga dan bisa berpengaruh. Sebab air sabun akan membuat kotoran yang hinggap di kampas rem, teromol, atau cakram hilang dan bikin rem jadi lebih pakem.“Kalau dicuci jelas perangkat pengereman jadi lebih menggigit. Karena kotoran yang menutupi pori-pori kampas rem akan menghilang, permukaan kampas rem-pun kembali kasar. Makanya jadi lebih menggigit,” tambah Pak Edi.Saat digunakan, kotoran atau debu pasti hinggap pada kampas rem, permukaan teromol, atau cakram.Seiring berjalannya waktu, kotoran-kotoran halus itu akan menutupi pori-pori part tersebut.Hasilnya cengkraman kampas rem dengan piringan akan berkurang.Itu sebabnya jika rem dicuci dengan air sabun rem bisa lebih mencengkram.

